Senin, 21 November 2011

GEREJA MEMPELAI VS GEREJA PELACUR

 
Teks Bacaan : Efesus 5 : 32 Matius 6 : 24 Wahyu 19 : 6 – 10
Oleh : Ev. Andereas Dermawan

Apa yang terlintas di benak anda bila mendengar kata GEREJA MEMPELAI DAN GEREJA PELACUR? Apakah jemaat GEREJA PELACUR isinya para PELACUR?? Dan GEREJA MEMPELAI jemaatnya berisikan pasangan pengantin baru?? Sama sekali bukan itu konotasi dari judul artikel kita kali ini! Lalu apa yang ingin disampaikan melalui tulisan ini? APAKAH DENOMINASI GEREJA BARU seperti yang terdapat di Amerika dengan denominasi yang baru baru ini santer terdengar yaitu GEREJA SETAN? Sekali lagi bukan itu maksudnya. Lalu info apa yang ingin disampaikan dalam topik artikel ini?

KEMBALI SAYA TEGASKAN BAHWA SUMBER TULISAN INI BENAR2 BERASAL DARI ALKITAB ITU SENDIRI ! Bila anda membaca Alkitab secara utuh, maka anda akan melihat begitu banyak ilustrasi/ kiasan yang seringkali digunakan untuk menyampaikan pesan pesan yang belum terjadi ataupun yang sudah terjadi. Tapi adakalanya pesan itu disampaikan secara langsung apa adanya. Dalam percakapan / ucapan Yesus serta pengajaranNya Yesus juga seringkali menggunakan ilustrasi/perumpamaan/ analogi untuk memudahkan para pendengarnya bisa mengerti pesan pesan yang disampaikan.

Namun tidak semua pengajaran dan ucapan Yesus itu berupa perumpamaan, tetapi ada kalanya disampaikan secara langsung apa adanya. Dan patut diingat bahwa setiap pengajaran/ ucapan Yesus yang berkaitan dengan perumpamaan, selalu Yesus menjelaskan sendiri arti setiap perumpamaan yang disampaikan. Dan inilah yang menjadi kendala utama bagi para IMAM/ Pemimpin Agama. Karena banyak ucapan2 Yesus yang dianggap tidak logis, sehingga mereka dengan keahliannya mentafsirkan kembali ucapan Yesus, sesuai aspirasi mereka.

Maka Tuhan Yesuspun sudah memperingatkan para murid untuk berhati hati terhadap ragi ( ajaran ) para Imam/ parisi. Karena tafsiran para imam tsb tidaklah sama dengan apa yang Yesus sampaikan. Maka sejak zaman Yesus sampai zaman sekarang berita Injil itu telah mengalami banyak kontaminasi/ penyelewengan dari ucapan harafiah Yesus. BAHKAN DIKITAB WAHYUPUN, gambaran2/ kiasan berbentuk hewan dan simbol2 lainnya selalu ada penjelasannya.

KEMBALI KITA PADA TOPIK TULISAN DI ATAS, APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN GEREJA MEMPELAI DAN APAKAH YG DIMAKSUD DENGAN GEREJA PELACUR! Sebelum saya menjelaskannya. Sebaiknya nanti saudara baca keseluruhan Alkitab, setelah itu mengcrosscheknya atas tulisan ini. Sekarang mari saudara kita bahas satu persatu tentang GEREJA MEMPELAI DAN GEREJA PELACUR!
GEREJA MEMPELAI : Dalam kiasan tentang kedatanganNya Yesus, Yesus menganalogikan diriNya sebagai MEMPELAI LAKI LAKI dan ORANG2 PILIHANNYA DISEBUT SEBAGAI MEMPELAI PEREMPUAN! Tentu saja setiap orang tahu, maksud perumpamaan/ analogi/kiasan ini bukanlah merujuk pada masalah jender/ jenis kelamin, pria atau perempuan. Karena masalah pengantin laki laki ini juga dijelaskan ulang dalam kitab Wahyu, kitab yg meramalkan ending dari dunia ini.

Siapakah MEMPELAI LAKI2??? Secara teoritis mungkin semua orang Kristen sudah diajarkan oleh para pemimpin agama seperti pendeta, pastur dan sebutan lainnya. Mereka mengajarkan bahwa mempelai laki laki adalah Tuhan Yesus sendiri dan sebagai Mempelai Perempuan adalah para pengikutNya. Namun sayangnya penjelasan tentang hal ini sangatlah minim bahkan mengalami banyak distorsi. Karena apa yang diajarkan sangatlah abstraak.

Dan ironisnya orang2 kristen zaman ini tidak begitu ambil perduli tentang hal ini. Padahal pemahaman tentang perkawinan Ilahi antara PENGANTIN PRIA ( YESUS ) dengan pengantin perempuan ( para pengikutNya ) merupakan informasi yang sangat perlu diketahui oleh semua orang Kristen. Mereka berpikir bahwa setelah menjadi orang Kristen, sudah terpatri dalam pikiran mereka bahwa mereka otomatis pasti SELAMAT!

Padahal Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa banyak yg dipanggil tapi sedikit yg dipilih! SEBAGAI MEMPELAI PEREMPUAN atau ORANG2 PILIHAN BUKANLAH SESUATU YANG MUDAH, TAPI HARUS DIAWALI OLEH PENYANGKALAN DIRI MERUPAKAN WUJUD PERTOBATAN LAHIR BARU YG DIMINTA OLEH YESUS SEBAGAI MEMPELAI LAKI LAKI.

DALAM SEBUAH PERKAWINAN MAKA KESUCIAN/ KEPERAWANAN DARI MEMPELAI PEREMPUAN MERUPAKAN SYARAT UTAMA. Berbicara mengenai KESUCIAN/ KEPERAWANAN tidaklah sama dengan yang dimaksud dengan KESUCIAN/ KEPERAWANAN yang dipahami oleh manusia di dunia ini. KARENA PERKAWINAN ANTARA YESUS DENGAN ORANG2 PILIHAN/ PENGIKUTNYA BUKANLAH SUATU PERKAWINAN BIOLOGIS ANTARA JENDER PRIA DAN WANITA! Namun meskipun demikian dalam Alkitab disebutkan adanya istilah PELACUR! BERARTI ADA PERSELINGKUHAN DARI MEMPELAI PEREMPUAN!

APA ARTI DARI SEMUA INI? UNTUK MEMAHAMI HAL INI, kita perlu hikmat dalam mengartikan kata2 kiasan/analogi/ perumpamaan yg ada dalam Alkitab.

MELALUI TULISAN INI MARILAH KITA MELIHAT BEBERAPA ARTI KIASAN YANG TERDAPAT DALAM ALKITAB TENTANG TERMINOLOGI DARI KATA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN. JUGA DALAM BEBERAPA TULISANNYA RASUL PAULUS JUGA PERNAH MENULIS SUATU RAHASIA BESAR TENTANG PERKAWINAN ANTARA KRISTUS DENGAN MEMPELAI PEREMPUAN ( PARA PENGIKUTNYA ). Alkitab juga menjelaskan bahwa Allah adalah Allah yang juga memiliki sifat Cemburu. Dalam kitab Wahyu juga dijelaskan tentang kiasan seorang perempuan Pelacur. Untuk membahas ini marilah kita menyelidiki mengenai manusia dalam arti yang sesungguhnya. Setelah mengalami pertobatan rasul Paulus menulis dalam surat2nya yg ia tuliskan di Alkitab. Bahwa setiap manusia memiliki 2 tubuh, berarti dalam suatu pribadi orang terdapat 2 manusia ( Tubuh ) yakni : manusia lahiriah ( Jasmaniah ) dan manusia Batiniah ( Rohaniah ). Dan hakekat manusia yang sesungguhnya adalah manusia BATINIAH ( ROHANIAH ). Sedangkan manusia Lahiriah ( Jasmaniah ) adalah pembungkus dari manusia Batiniah. Karena tubuh lahiriah ini hanyalah sementara, ada expired datenya.

Jadi jelaslah bahwa YESUS sebagai MEMPELAI PRIA DAN PARA PENGIKUTNYA ADALAH MEMPELAI PEREMPUAN, ini jelas bukanlah PERKAWINAN SECARA BIOLOGIS ( JASMANIAH ) tapi ini adalah perkawinan secara ROHANIAH.

Sebagaimana dengan MANUSIA LAHIRIAH ( JASMANIAH ) memiliki tubuh jasmaniah, yang berbentuk DAGING! BEGITUPULA DENGAN MANUSIA ROHANIAH JUGA MEMILIKI TUBUH! APAKAH TUBUH ROHANIAH ITU???

Mungkin informasi inilah yang belum pernah diungkapkan oleh para pemimpin agama, yang lebih menekankan pada aspek tubuh jasmaniah, dan lebih focus pada kebersihan lahiriah! Hal inilah yang pernah dikecam oleh Yesus terhadap para ahli torat dizamanNya yang lebih menilai seseorang tentang kekudusan dari aspek LAHIRIAH/ JASMANIAH SEMATA ! YESUS DENGAN TEGAS MENGUMPAMAKAN PARA PEMIMPIN AGAMA DAN PARA PENGIKUT FANATIKNYA BAGAI NISAN KUBURAN YG KELIHATAN BERSIH DILUARNYA TAPI DIDALAMNYA BERISIKAN TULANG BELULANG YG TELAH MEMBUSUK!

LALU APAKAH YG DIMAKSUD DENGAN TUBUH ROHANIAH??? Rasul Paulus menulis dalam surat kirimanNya, bahwa sunat lahiriah tidak membuat orang menjadi suci atau bersih. Dengan tegas Paulus mengatakan bahwa kesucian bukan dinilai dari penampilan lahiriah/ kebersihan lahiriahnya, tapi kebersihan seseorang manusia ditentukan oleh hatinya. Sebab itu yg disunat/ dibersihkan adalah hatinya bukan organ tubuh lahiriahnya. Tubuh lahiriah akan musnah dimakan waktu, sedangkan manusia rohaniah bersifat kekal. Jadi tubuh ROHANIAH SESEORANG ADALAH HATINYA. Jadi pada waktu Paulus mengatakan bahwa tubuhmu adalah BAIT ALLAH, tentu ini bukan merujuk pada tubuh LAHIRIAH! Karena kalau ini maksudnya maka para pemimpin agama yg selalu menjaga penampilan Lahiriah itulah yg memenuhi syarat, bukan lazarus yg sangat kotor tubuh lahiriahnya!

Nah dalam konteks inilah selanjutnya kita akan membahas tentang PERKAWINAN KRISTUS DENGAN MEMPELAI PEREMPUANNYA. Sama halnya dengan perkawinan secara jasmaniah, maka dibutuhkan kesucian atau keperawanan dari mempelai perempuan. PERTANYAANNYA ADALAH KESUCIAN DARI APA? Allah adalah Allah yang cemburu, Ia membenci perzinahan atau perselingkuhan. Allah mau agar mempelai perempuan Kristus harus didapati tidak bercacat atau bercela. Lalu apakah yang dimaksud dengan PERZINAHAN ROHANI? Siapakah MEMPELAI LAKI2 ROHANI LAINNYA SELAIN KRISTUS???

Banyak orang keliru memahami makna perkawinan rohani, sehingga PERZINAHAN DIASOSIASIKAN DENGAN PERKAWINAN BIOLOGIS/JASMANI SEMATA. KESUCIAN HANYA DIMAKNAI SEBAGAI HUBUNGAN SUAMI ISTERI, DIMANA SALAH SATU BERSELINGKUH ATAU BERZINAH DENGAN LAKI2 LAIN ATAU WANITA LAIN, MAKA MEMPELAI ITU SUDAH TIDAK SUCI LAGI. Maka dalam kitab suci setiap agama ada aturan/ hukum yang khusus mengatur hukum mengenai PERKAWINAN. APAKAH HUKUM AGAMA JUGA MENGATUR PERKAWINAN KRISTUS DENGAN MEMPELAI PEREMPUANNYA??? Sama sekali tidak sama saudara.

PERKAWINAN KRISTUS DENGAN MEMPELAI PEREMPUANNYA TIDAK DIATUR OLEH ATURAN AGAMA, MELAINKAN DITENTUKAN OLEH KRISTUS SENDIRI! DALAM TULISAN INI SAYA AKAN MENJELASKAN BEBERAPA TERMINOLOGI KATA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKAWINAN ROHANI SUPAYA SAUDARA DAPAT MEMAHAMI BEBERAPA PERBEDAAN ANTARA PERKAWINAN ROHANI DENGAN PERKAWINAN JASMANI. Pertama yang dimaksud dengan MEMPELAI PRIA TUHAN YESUS KRISTUS, di sini tidak bermakna jender seorang laki2. Tapi MEMPELAI LAKI LAKI ADALAH MEMPERLAMBANG SEORANG YANG KITA PERTUAN ( MAJIKAN ). Dan hanya ada 2 pilihan MEMPELAI LAKI LAKI yang akan kita pilih sebagai Tuan ( Majikan ) kita.

Sedangkan PARA MEMPELAI PEREMPUAN ADALAH SEMUA ORANG BAIK BERJENDER LAKI LAKI MAUPUN PEREMPUAN, BESAR KECIL, TUA MUDA. Siapakah Mempelai Laki Laki lain selain Kristus? Dan apa bedanya dengan Kristus sebagai MEMPELAI LAKI LAKI SORGAWI?

Saudaraku yang saya kasihi dalam Tuhan Yesus Kristus marilah kita dengan seksama memperhatikan beberapa ucapan Yesus yg disampaikan kepada para pengikut/muridNya antara lain Yesus mengatakan bahwa Aku bukanlah berasal dari dunia ini, dan kamu juga bukan berasal dari dunia ini. Dan dunia ini akan membenci kamu, karena kamu bukan milik dunia, sekiranya kamu milik dunia ini maka mereka akan mengasihi kamu. Setelah kita menjadi pengikut Kristus, maka kita otomatis sudah dipertunangkan sebagai calon mempelai perempuan SORGAWI, satu tempat yang sama dengan MEMPELAI LAKI LAKI SORGAWI YAKNI TUHAN YESUS KRISTUS, kita bukanlah milik kerajaan dunia lagi tapi menjadi milik KERAJAAN SORGA.

SIAPAKAH PEMILIK KERAJAAN DUNIA INI ( PENGANTIN PRIA DUNIAWI )? Dan SIAPAKAH PEMILIK KERAJAAN SORGA ( PENGANTIN PRIA SORGAWI )? Penjelasan tentang PENGANTIN PRIA SORGAWI TENTUNYA ANDA SUDAH MEMPEROLEH BANYAK PENJELASAN DARI PARA PEMIMPIN AGAMA KRISTEN, PARA PENDETA, PASTOR, ROMO DLSB, AKAN TETAPI SAYANG SEKALI BEGITU MINIM BAHKAN NYARIS TIDAK ADA PENJELASAN TENTANG SIAPAKAH PENGANTIN PRIA DUNIAWI ? Padahal informasi ini sangatlah penting untuk diberitakan! Untuk menjadi pengantin perempuan pilihan YESUS bukanlah hal yang mudah! Dibutuhkan kesucian dari calon mempelai perempuan! KESUCIAN DARI APA? Apakah sama makna kesucian yang diajarkan dunia ini? Sama sekali berbeda saudara! Dunia mengajarkan bahwa arti kesucian adalah diukur dari kebersihan jasmaniah/ lahiriah> Keperawanan mempelai perempuan dinilai dari perzinahan secara jasmani. Kalau ini ukurannya maka sangatlah berlawanan dengan apa yang dipilih oleh YESUS sebagai pengikutNYA ( Mempelai Perempuan), karena YESUS bukan menilai keadaan lahiriahnya, tetapi yang dilihat adalah keadaan hatiNya.

HATI adalah merujuk pada tubuh ROHANIAH yang tidak Nampak dari luar. sedangkan Daging ( tubuh lahiriah ) merujuk pada tubuh Jasmaniah yg Nampak kelihatan dari luar. YESUS memilih orang2 yg penampilan lahiriahnya sungguh dianggap najis, diantaranya perempuan sundal, pemungut cukai yg bertobat, pembunuh seperti rasul Paulus sebelum bertobat. Sebaliknya pada para pemimpin agama dan pengikut fanatiknya Yesus mengecam mereka sebagai nisan kuburan yg luarnya bersih tapi dalamnya tulang belulang busuk! Dari apa yg sudah diuraikan maka marilah kita menelaah apa arti sebenarnya dari MEMPELAI PRIA DUNIAWI?

Mempelai Pria Duniawi adalah berwujud MAMMON ( HARTA DUNIAWI/ UANG/ KEKUASAAN ). Dalam tulisan2 saya yg lalu sekilas saya sudah membahas tentang manifestasi Iblis/ Antikris dalam wujud yang nyata bisa dilihat bukan lagi mahluk roh gaib yg seringkali ditafsirkan sebagai manifestasi Iblis/antikris , sang mempelai pria duniawi, yg digambarkan sebagai sesuatu yg seram, justru manifestasi Iblis/ sang mempelai laki laki dunia ini datang sebagai perempuan cantik yg menggiurkan ( malaikat terang ) yg berusaha mengecoh mempelai2 perempuan Kristus! RAHASIA INI BESAR KATA RASUL PAULUS!!! Sebab itu rahasia ini sangat penting diungkapkan pada zaman ini!

Siapakah yang dipilih sebagai mempelai wanita Kristus??? Dalam beberapa perumpamaan, Yesus beberapa kali mengambil contoh janda2 miskin dan Yatim piatu! Apakah makna ROHANINYA??? Karena perkawinan ini adalah PERKAWINAN ROHANI BUKAN PERKAWINAN BIOLOGIS/JASMANIAH, MAKA KITA PERLU HIKMAT UNTUK MEMAHAMINYA SECARA ROHANI.

TADI SDH DIJELASKAN BAHWA MANUSIA TERDIRI DARI DUA DIMENSI, YAKNI MANUSIA ROHANIAH DAN MANUSIA JASMANIAH. DIMANA KEDUANYA MEMILIKI WUJUD TUBUH YG BERBEDA. TUBUH JASMANIAH ADALAH DAGING LAHIRIAH YG KELIHATAN, SEDANGKAN TUBUH ROHANIAH ADALAH HATI KITA YG TIDAK KELIHATAN. TUBUH JASMANIAH AKAN BERAKHIR KETIKA NYAWA MANUSIA BERAKHIR, TAPI TUBUH ROHANIAH YAKNI HATI KITA TETAP HIDUP TERUS! TUHAN YESUS BERKATA BAHWA NANTI PENGIKUTNYA AKAN DIBERIKAN TUBUH JASMANIAH YG BARU SEPERTI MALAIKAT TDK ADA JENDER LAGI, karena kita akan serupa dengan Kristus.

SIAPAKAH JANDA2 MISKIN/YATIM PIATU YG DIPILIH YESUS SEBAGAI MEMPELAI PEREMPUANNYA? Mereka adalah orang2 yg telah bercerai dari dunia ini ( MAMMON sang mempelai laki2 duniawi ), dengan demikian mereka menjadi janda miskin dunia ini/ yatim piatu dunia ini, kepada mereka berhak bersanding dengan PENGANTIN SORGAWI, TUHAN YESUS KRISTUS, KARENA MEREKA SUDAH TIDAK TERIKAT PERKAWINAN DENGAN DUNIA INI!

Saudaraku sekalian yg kekasih dalam Tuhan Yesus Kristus, kalau saudara membaca dikitab Wahyu 19 : 6 – 10, disitu digambarkan dengan jelas bahwa orang2 pilihan Kristus ( Mempelai Perempuan ) dituntut suatu kesucian, suatu keadaan tidak bercacat cela. Mempelai perempuan / gereja tidak boleh melacurkan diri atau menjadi GEREJA PELACUR sebaliknya dituntut menjadi GEREJA MEMPELAI Apakah saudara sudah menceraikan Pengantin pria duniawi dan memilih sebagai pengantin Pria Sorgawi? INI SUATU KEPUTUSAN PENTING UNTUK KESELAMATAN KEKAL! KRISTUS ATAU MAMMON? SEGERA AMBIL KEPUTUSAN SEBELUM TERLAMBAT! Kiranya Tuhan memberikan pengertian dan marifatnya kepada saudara sekalian, Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.